Senin, 05 Desember 2011

Belajar PBO Praktek

Belajar Praktek PBO
 
Bagi pemula dalam hal pemrograman , terutama mengenai bahasa satu ini yaitu JAVA.. tidak diragukan lagi kegunaannya ,, bahkan di luar negeri JAVA sudah digunakan oleh anak-anak untuk melatih logika mereka.. Untuk belajar JAVA itu dibutuhkan praktek , kali ini kita akan membahas tentang belajar PBO "Selamat Mencoba !!!"

Dalam postingan saya kali ini,, saya akan membuat suatu program  JAVA dimana proses pengerjaannya pada aplikasi ECLIPSE,, yang akan memperkenalkan seluk beluk atau bagian-bagian dari PBO.
Dimana PBO adalah  (PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK) ,,  yang terdiri dari 5 unsur yaitu :
1. Turunan/Pewarisan/Inheritance
2. Perubahan bentuk/Polymorphisme
3. Pembungkusan / Tingkat - Akses / Encapsulation
    yang terdiri dari 2 macam  :
  • OverLoading/ OverLoad
  • OverRiding/ OverRide
4. Modifier 
    Begitu pula dengan modifier yang terdiri dari 2 macam ,, yaitu :
  • Static
  • Final
5. Abstract & Interface

Nah,, sekarang ayo kita mulai membuat programnya,, agar kita dapat lebih memahami konsep dari PBO...
Pertama-tama
  • Buka aplikasi ECLIPSE
  • Buat java File - New - Other - GUI Forms - Swing - JFRAME 
  • Beri nama class - nya ,, lalu klik Finish
Setelah itu,, buat tampilannya seperti berikut yang terdiri dari 1 JTabbedPane dan 5 JPanel
1. Turunan



Buat Class dari masing-masing button pada JPanel1 Turunan/Pewarisan
Class Manusia 
public class Manusia extends MakhlukHidup {
    String nama,stmMakan,stmKerja,stmTugas,stmTidur;
    //konstruktor
    Manusia(String n){
        this.nama = n;
        }
    //function mengembalikan nilai nama
    String tampilkanNama(){
        return nama;
        }
    //procedure makan
    String  makan(){
        return stmMakan="hem...enyak..enyak..enyak...!!!";
        }
    //procedure kerja
    String kerja(){
        return stmKerja="kerja..kerja...kerja...!!!";
        }
    //procedure tidur
    String tidur(){
        return stmTidur="ZZzzz...!!!";
        }
   
    public String jalan(){
        return berdiri="berdiri tegap...";
        }
}
          
Class Siswa
public class Siswa extends Manusia{
    //konstruktor Siswa
    Siswa(String n){
    //memanggil konstruktor Manusia
        super(n);
        }
    //method bentukan baru...
    String kerja(){
        return stmKerja="belajar...belajar...!!!";
        }
    String tidur(){
        return stmTidur="Ngiler...!!!";
        }
}
  
Class Guru
public class Guru extends Manusia {
    Guru(String n){
        super(n);
        }
    String kerja(){        
       
        return stmKerja="mengajar...mengajar...!!!";
        }
    String tugas(String n){
        return stmTugas="ayo kerjakan...kerjakan...!!!";
        }
}
Method Button :

0 komentar: